Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 29 April 2020

11 DESTINASI WISATA TIMOR LESTE YANG LUAR BIASA, PESONANYA DIKENAL DUNIA

11 DESTINASI WISATA TIMOR LESTE YANG LUAR BIASA, PESONANYA DIKENAL DUNIA

Untuk kamu yang gemar menambah cap di paspor, ada destinasi keren yang tak jauh dari Indonesia. Agen DominoQQ Online
Negara tetangga Timor Leste yang berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini menawarkan pesona pariwisata yang luar biasa. Tujuan wisata Timor Leste antara lain jelajah alam, aktivitas belanja, dan situs religi. Titik menyelam di perairan Timor Leste juga semakin populer di kalangan wisatawan mancanegara.

Waktu terbaik mengunjungi Timor Leste adalah pada musim kering, yaitu mulai April hingga Oktober. Iklim di Timor Leste hampir sama dengan wilayah Indonesia Timur lainnya, dengan suhu yang cukup tinggi dan udara yang lembab. Namun begitu, ada sebagian tempat wisata yang terkenal dengan kesejukannya. Menarik, kan? Berikut 11 destinasi wisata Timor Leste yang harus kamu kunjungi.


  • 1. Situs Patung Yesus Terbesar Ketiga di Dunia, Cristo Rei


Hampir 97% penduduk Timor Leste menganut agama Katolik Roma, sehingga situs religi mudah ditemukan di negara ini. Cristo Rei di Dili adalah patung Yesus yang dihadiahkan oleh Pemerintah Indonesia kepada masyarakat Timor Timur pada tahun 1996 (saat itu masih menjadi provinsi). Dengan tinggi 27 meter, patung ini tampak elok dipandang dari kejauhan maupun dari dekat.
Meskipun kamu bukan penganut Katolik, berjalan-jalan ke atraksi wisata dengan nama lokal ‘Kristus Raja Dili’ ini tidak ada salahnya. Selain berolahraga (kamu harus naik 500-an anak tangga untuk mencapai puncak), pemandangan lepas pantai dari Semenanjung Fatucama sungguh menakjubkan. Hamparan laut biru bisa jadi latar belakang selfie-mu. Dijamin teman-temanmu akan iri!


  • 2. Menyelam atau Memancing, Bisa Dilakukan di Pulau Atauro


Masyarakat Timor Leste gemar menghabiskan akhir pekan atau liburan umum di Pulau Atauro. Dekat dengan Dili, pulau ini merupakan tempat bersantai karena udaranya yang lumayan sejuk. Selain itu, kekayaan biota lautnya mengundang para wisatawan untuk diving.


Kamu juga tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk melihat terumbu karang yang masih alami. Perairan yang bening memungkinkan kamu berenang santai sambil memandangi ikan-ikan karang yang unik.


Keragaman ikan dan ekosistem Pulau Atauro yang sangat terjaga juga mengundang turis untuk memancing di sini. Lihat saja ikan tuna ‘dog tooth’ seberat 30 kilogram di atas. Menggiurkan banget!

Tarif menyelam di Pulau Atauro: 250 Dolar AS per orang untuk satu hari (termasuk biaya sewa alat, dive boat, dan makan siang)


  • 3. Mendalami Budaya Lokal di Pasar Tais   


Kain ‘Tais’ yang berwarna-warni ini tidak hanya sedap dipandang, tapi juga menyimpan berbagai filosofi mendalam. Pada zaman dahulu, corak pada kain Tais menyiratkan status sosial. Di samping itu, kain Tais pernah menjadi metode pertukaran layaknya mata uang, yang digunakan untuk ‘membeli’ hewan ternak. Maka dari itu, para perempuan di pedesaan Timor Leste harus memiliki kemampuan menenun kain Tais agar bisa mendukung keberlangsungan hidup keluarganya.


Berkunjung ke Pasar Tais untuk membeli kain dan melihat sendiri proses tenun menjadi aktivitas wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. Saat ini produk kain Tais sudah bervariasi, seperti selendang, tas, atau pakaian jadi. Tidak perlu menawar, rata-rata harga barang di Pasar Tais cukup terjangkau, kok. Hitung-hitung membantu perekonomian masyarakat Timor Leste.

Harga Kain Tais: Mulai dari 150,000 IDR untuk selendang


  • 4. Menyusuri Jejak Sejarah di Pemakaman Santa Cruz


Pada tanggal 12 November 1991, terjadi peristiwa berdarah yang disebut dengan Insiden Santa Cruz. Kejadian ini merupakan awal mula dari kemerdekaan Provinsi Timor Timur menjadi negara Timor Leste. Para korban insiden tersebut dimakamkan di Pemakaman Santa Cruz yang berada di pusat kota Dili.

Meskipun memandangi kuburan yang berimpitan mungkin membuat bulu kudukmu berdiri, namun makam-makam di sini cukup unik dan semarak. Warna dan propertinya tergolong meriah, mengingatkan kita pada film animasi ‘Coco’. Mampir sejenak untuk mengambil pelajaran berharga dari sejarah yang kelam, boleh juga.


  • 5. Destinasi Liburan untuk Refreshing, Pemandian Air Panas Marobo


Setelah mengeksplorasi wisata di seputar kota Dili, kamu bisa beranjak ke Maliana yang berada di ujung barat Timor Leste. Selama empat jam perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan sawah dan pepohonan yang rimbun. Ketika udara semakin dingin, artinya kamu sudah mendekati Marobo. Ada dua tempat yang harus kamu singgahi di Marobo, pemandian umum dan sumber air panas yang alami. Letaknya berdekatan, kok!


Terdapat tiga kolam renang di pemandian Marobo yang berbeda warna. Kolam berwarna biru berisi air panas yang ditampung langsung dari sumbernya di gunung. Setibanya di Marobo, kamu bisa melepas lelah di kolam ini – namun jangan terlalu lama, ya. Kolam berwarna putih berisi air dingin dan bercampur kapur. Sedangkan kolam berwarna hijau adalah favorit para turis karena kehangatan airnya pas untuk berendam.

Harga tiket masuk: Membayar parkir kendaraan mulai dari 1 USD


  • 6. Gunung Ramelau, Pengalaman Mendaki yang Memukau


Gunung Ramelau dengan tinggi 2986 mdpl adalah puncak tertinggi di kawasan Timor Leste. Para wisatawan bersemangat menanti matahari terbit di sini. Saat awan yang menyelimuti perbukitan tersibak hangatnya sinar mentari, sungguh pemandangan yang menakjubkan! Agen BandarQ Online


Untuk mendaki Gunung Ramelau, kamu harus memulai perjalanan dari Desa Hatubuilico, yang berjarak sekitar tiga jam dari Dili. Sesampainya di puncak, ada patung Virgin Mary setinggi tiga meter yang dijadikan tempat untuk memanjatkan doa. Pada hari-hari besar keagamaan Katolik, dapat dipastikan Gunung Ramelau dipadati oleh para peziarah.


Biaya tour guide: Mulai dari 30 USD


  • 7. Mengenal Keanekaragaman Hayati di Taman Nasional Nino Konis Santana


Wisata Timor Leste satu ini mencakup area seluas 1,236 km yang terdiri dari Gunung Paitchau, Danau Ira Lalaro, dan Pulau Jaco. Taman Nasional Nino Konis Santana merupakan rumah bagi berbagai burung langka seperti kakatua-kecil jambul-kuning, merpati-hijau timor, merpati-kaisar timor, dan gelatik timor. Selain itu, tercatat lebih dari 200 spesies hewan tinggal di sini, termasuk rusa, monyet, dan masih banyak lagi. Sudah terbayang serunya trekking di sini, dong?


Desa-desa di sekeliling wilayah konservasi alam ini juga layak dikunjungi. Terdapat berbagai bangunan sakral dan bersejarah, yang membuat acara jalan-jalanmu semakin mengasyikkan. Untuk lebih amannya dalam menjelajah Taman Nasional Nino Konis Santana ini, memang sebaiknya kamu menggunakan tour agent, sekaligus dengan kunjungan ke Pulau Jaco.

Biaya tour guide: Mulai dari 20 USD
Paket tour Taman Nasional Nino Konis Santana untuk 3 hari 2 malam: Mulai dari 300 USD per orang (termasuk akomodasi, snorkeling, makan 3 kali sehari, dan sebagainya)


  • 8. Pulau Jaco yang Seindah Raja Ampat


Puas trekking, menyeberanglah ke Pulau Jaco yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Nino Konis Santana. Pulau seluas 11 kilometer ini tidak boleh dihuni oleh manusia karena memang dijaga untuk konservasi alam. Alhasil, Pantai Tutuala dan sekitarnya masih sangat asri dan bebas sampah.


Pada dasarnya akses ke titik ini cukup sulit. Kamu hanya punya dua pilihan: ikut trip yang disediakan oleh tour agent (karena mereka menyediakan kendaraan khusus untuk perjalanan darat); atau ‘ngeteng’ angkutan umum dari Dili yang membutuhkan waktu cukup lama, dilanjutkan dengan ikut kapal nelayan. Akan tetapi, letihmu akan terbayarkan dengan sepinya pantai dan laut – yang membuatmu serasa berada di pulau pribadi. Maka dari itu, wisatawan mancanegara tak merasa menyesal membayar mahal untuk pengalaman mengesankan ini.


Biaya naik kapal nelayan ke Pulau Jaco: Mulai dari 20 USD


  • 9. Menjejaki Peninggalan Portugis di Penjara Ai Pelo


Pernah dijajah Portugis dalam jangka waktu yang cukup lama, banyak bangunan peninggalan Portugis masih menghiasi wilayah Timor Leste. Salah satunya puing penjara Ai Pelo yang dekat dengan Laut Sawu. Dulunya penjara untuk narapidana politik ini memiliki ruang bawah tanah. Namun setelah banjir besar pada tahun 1939 yang merusak sebagian besar bangunan, penjara ini tidak digunakan lagi.


Waktu terbaik mengunjungi wisata Timor Leste ini adalah menjelang senja. Terik matahari yang mulai meredup, merasuk melalui celah-celah reruntuhan bangunan. Sore tak pernah sesyahdu ini!


  • 10. Mengecap Keindahan Danau di Bukit Tasi Tolu


Berjarak hanya 8 km dari kota Dili, ada sebuah tempat bernama Tasi Tolu yang berarti ‘Tiga Perairan’. Di puncak bukit Tasi Tolu berdiri megah patung Paus Paulus Yohanes II sebagai bentuk penghormatan atas kunjungan beliau pada tahun 1989. Wisatawan bisa melakukan trekking selama kurang lebih 30 menit untuk mencapai pucuk bukit. Dari atas, mata akan dimanjakan dengan hamparan lahan basah yang terdiri dari beberapa danau di satu sisi, dan laut dangkal di sisi yang lain. Luar biasa!



Danau utama di Tasi Tolu akan berwarna kemerahan pada waktu tertentu – kemungkinan disebabkan oleh pengaruh ganggang merah. Ada beragam mitos yang berhembus berkenaan dengan warna merah tersebut. Well, apapun yang berada di baliknya, pemandangan ini sungguh tiada duanya.


  • 11. Mengejar Lumba-lumba dan Paus di Selat Wetar


Selat Wetar yang merupakan perbatasan wilayah Timor Leste dengan Maluku, merupakan destinasi wisata yang istimewa. Pada bulan Oktober hingga Desember, lokasi ini menjadi rute migrasi utama lumba-lumba dan paus. Beberapa spesies paus yang pernah ditemukan di Selat Wetar antara lain paus pilot, paus biru, paus pembunuh, dan paus sperma.


Ilmuwan kelautan dan fotografer kawakan kerap berlayar ke sini untuk mempelajari kebiasaan makhluk laut yang menggemaskan ini. Tak ketinggalan, program-program televisi internasional turut mengulas tentang Selat Wetar hingga destinasi ini mendunia.

Sebagaimana indahnya wilayah Indonesia Timur, Timor Leste memiliki destinasi wisata yang memesona. Mumpung kebanyakan atraksi wisata belum menetapkan tiket masuk, yuk segera rencanakan traveling ke Timor Leste!

1 komentar:

  1. AvatarQQ Adalah Agen Poker Terpercaya Dengan Server We1

    AvatarQQ Juga Memiliki 8 Jenis Permainan Yang Sangat Populer


    1 ID Untuk 8 Jenis Permainan Yaitu :

    - Texas Hold'em

    - Poker Luck

    - Omaha

    - Domino99

    - BandarQ

    - AduQ

    - PaiQiu

    - Slot


    Dengan Support Bank Resmi Indonesia Yaitu :

    • BCA
    • BNI
    • BRI
    • MANDIRI
    • DANAMON
    • CIMB NIAGA


    Dengan Minimal Deposit / Withdraw Paling Rendah :

    - Minimal Deposit : Rp.10.000,-

    - Minimal Withdraw : Rp.20.000,-


    Bermain di AvatarQQ Kalian Akan Mendapatkan PROMO BONUS Yang Sangat Special Yaitu :

    • Bonus New Member 20%

    • Bonus Next Deposit 10%

    • Bonus Cashback Poker 0.5%

    • Bonus Cashback Slot 5%

    • Bonus Referral

    => Di Situs AvatarQQ, Anda Tidak Perlu Membeli JACKPOT untuk Mendapatkan JACKPOT.
    => Dengan Winrate Rata-Rata 94%, Anda Akan Dengan Mudah Untuk Memenangan Permainan.
    => Permainan Fair Player Vs Player, 100% Tanpa Robot/Bot.

    Untuk Info Lebih Lanjut Anda Bisa Hubungi Customer Service Kami :

    • Customer Service 24 Jam Nonstop

    • Line : avatarqq.com

    • Whatsapp : +855.88.647.6590

    • Live Chat : AVATARQQ


    Link Alternatif Resmi AvatarQQ :

    • www.avatarqq.com
    • www.avatarqq.net
    • www.avatarqq.org
    • www.avatarqq.info
    • www.avatarqq.online
    • www.qqavatar.club
    • www.qqavatar.net

    avatarqq, avatar99, avatar77, poker online terbaik, bandar domino99, agen paiqiu, situs bandarqq terpercaya, website taruhan online, bandar judi online, perang kartu, agen poker resmi, bandar poker online, situs poker resmi, agen poker deposit pulsa, avatarqq.com, poker uang asli, qqavatar

    BalasHapus

Post Top Ad

Your Ad Spot