Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 26 Juni 2020

Ini Dia 5 Rumah Ibadah Paling Bagus di Dunia


Sahabat Wisata - Rumah ibadah adalah tempat yang suci. Tempat berkomunikasi dengan Tuhan, tempat berdoa dan tempat menenangkan diri. Berikut 5 rumah ibadah paling bagus di dunia.

1. Masjidil Haram, Arab Saudi


Sebagai kota suci bagi umat Islam, Mekkah memiliki masjid terbesar dan termegah di dunia. Masjidil haram adalah masjid yang dibangun mengelilingi Ka'bah, kiblat umat Islam dalam mengerjakan ibadah salat. Masjid seluas 400.000 meter persegi ini selalu dipenuhi jama'ah haji pada bulan haji.

Masjid yang memiliki 4 lantai ini memiliki arsitektur yang sangat indah. Lantainya terbuat dari marmer berwarna lembut, atap dan pilarnya dihias ornamen cantik dan bercita rasa seni tinggi. Di setiap lantainya, disediakan air zam-zam, rak Al-Qur'an dan tempat sampah berwarna putih. Masjid ini mampu menampung 800.000 orang di dalam masjid dan 1.120.000 orang di bagian luar masjid.

2. Basilika St Peter, Vatikan


Basilika St Peter menjadi bangunan paling wah di Vatikan. Bukan sekedar kemegahannya tapi juga karena sejarahnya. Basilika seluas 220 x 150 meter ini memiliki 80 tempat penting di dalamnya. Langit-langit basilika dihias indah dengan ornamen emas dan lukisan. Ada puluhan kapel, altar dan monumen di dalam sana.

Ada 3 mumi paus yang tersebar di dalam basilika. Mereka adalah Paus Innocent XI, Paus Pius X, dan Paus Johannes XXIII. Mumi paus ini ditempatkan di dalam peti kaca kedap udara. Bagi jemaat yang ingin beribadah, bisa melakukan kegiatan peribadatan di Chapel of Blessed Sacrament.

3. Shwedagon Pagoda, Myanmar


Ini adalah kuil Buddha paling impresif sekaligus suci bagi warga Myanmar. Kuil berusia 2.500 tahun ini dilapisi ribuan batang emas dan berlian yang menawan, sekaligus menyimpan delapan helai rambut Buddha yang sakral. Kuil yang menempati area seluas 114 hektar di Singuttara Hill, Kota Yangon, pagoda ini menjadi tempat beribadah paling suci bagi masyarakat Myanmar yang mayoritas menganut agama Buddha.

Shwedagon Pagoda merupakan gabungan dari kuil, stupa, dan patung yang merefleksikan seni arsitektur lebih dari 2.500 tahun silam. Stupa bagian bawah terbuat dari 8.688 batang emas, ditambah 13.153 batang lagi di stupa bagian atasnya. Pada puncak pagoda ini terdapat 5.448 buah batu berlian, 2.317 batu ruby, 1.065 lonceng emas, serta satu buah berlian 76 karat yang menjadi titik tertinggi Shwedagon Pagoda.

4. Kuil Murudeshwara, India


Kuil yang diperuntukkan untuk Dewa Shiwa ini menjadi kuil dengan patung Shiwa terbesar kedua di dunia. Kuil mengagumkan ini berada di tepi Laut Arab. Yang menarik dari kuil Murudeshwara tentu patung Dewa Shiwa yang sangat besar. Patung setinggi 37 meter membutuhkan waktu 2 tahun untuk diselesaikan.

Di sebelah patung Dewa Shiwa, terdapat gapura 20 tingkat yang bernama Raja Gopura. Gapura inilah yang menjadi tempat beribadah umat Hindu di India. Bangunan megah ini menarik perhatian masyarakat banyak dan menjadi salah satu rumah ibadah termegah di dunia.

5. Lotus Temple, India


Salah satu bangunan megah di India adalah Lotus Temple. Bangunan yang digunakan oleh penganut Baha'i ini memiliki konsep unik yaitu serba angka 9. Sesuai dengan namanya, bangunan ini berbentuk seperti bunga teratai, ada 3 tingkat kelopak di sana dan masing-masing tingkat memiliki 9 kuntum.

Keagungan angka 9 itu dipilih oleh penganut keyakinan Baha'i dikarenakan 9 mewakili banyak hal. Mulai dari jumlah lubang di tubuh manusia hingga kenyataan bahwa 9 adalah angka terbesar di antara bilangan 0-9. Arsitek Lotus Temple adalah seorang keturunan Iran yang tinggal di Kanada. Bangunan ini telah banyak mendapatkan penghargaan arsitektur kelas dunia, setelah selesai dibangun pada tahun 1986 silam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot