Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 23 Maret 2020

Beberapa tempat Wisata Alam di Solo Terbaik


Kota Surakarta, juga disebut Solo, adalah wilayah otonom dengan status Kota di bawah Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dengan penduduk 503.421 jiwa dan kepadatan 13.636/km².

Selama ini Solo mungkin dikenal dengan wisata budaya maupun kulinernya. Namun, siapa sangka jika Kota Batik ini memiliki lanskap alam yang begitu indah untuk dilewatkan? Mulai dari taman, bukit, hingga gua bisa kamu temukan di sini. Tak hanya itu, objek wisata alam yang ada juga sudah dilengkapi fasilitas memadai lho!

Meski begitu, beberapa kawasan wisata alam berikut masih belum diketahui para wisatawan. Nah, semakin menarik bukan? Ayo simak ulasan lengkap wisata alam di Solo dari mimin nihh !!

  • Geopark Batu Seribu


Salah satu objek wisata menarik yang tak boleh kamu lewatkan adalah Geopark Batu Seribu. Daya tarik utamanya adalah sebuah sumber air yang konon tidak pernah kering walau saat musim kemarau. Fenomena tersebut dinamakan Sumber Pacinan. Tak hanya itu, penamaan “batu seribu” juga diambil karena dahulu kawasan ini merupakan perbukitan batu cadas.

Selain menjadi sumber air, kamu juga bisa menggunakan area Geopark Batu Seribu sebagai destinasi wisata alam pada umumnya. Di sini, kamu bisa menemukan kolam renang, pemandian mata air, hingga panggung kesenian. Tak lupa, udara sejuk kawasan ini tentu akan membuat kunjungan kamu semakin menyenangkan. Jika tertarik, kamu bisa langsung menuju Jalan Raya Krisakelir KM. 7, Tiyaran, Sukoharjo.

  • Grojogan Sewu



Jika ingin melihat pesona air terjun di Solo, maka kamu bisa menuju Grojogan Sewu di Jalan Raya Tawangmangu, Karanganyar. Salah satu air terjun terpopuler di Jawa Tengah ini merupakan lokasi wisata alam yang terletak di lereng Gunung Lawu. Jadi, tak heran jika udaranya cukup sejuk dan bisa membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Meski buka pukul 06:00 – 17:00, kamu tetap disarankan untuk datang saat pagi hari. Dengan begitu, kamu bisa merasakan kesejukan air terjun dan menghabiskan waktu lebih lama di sini.  Sebelumnya, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp17.000 per orang. Jadi, persiapkan bujet dan perlengkapan memadai saat mengunjungi Grojogan Sewu ya! Agen Poker Online

  • Parang Ijo



Objek wisata air terjun di Solo lainnya adalah Parang Ijo di Mlinggur, Ngargoyoso, Karanganyar. Untuk menuju air terjun, kamu hanya perlu menuruni beberapa anak tangga yang telah dibuat pengelola setempat. Kawasan air terjun pun sudah dilengkapi beberapa fasilitas, seperti jembatan, gazebo, serta gardu pandang yang akan menambah seru kunjungan kamu.

Selain fasilitas yang cukup memadai, akses menuju lokasi wisata ini pun tergolong mudah. Bahkan, terdapat transportasi umum menuju kawasan ini. Di Parang Ijo, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain air, berenang, maupun mencoba flying fox. Untuk itu, sebaiknya kamu membawa pakaian ganti agar kunjungan tetap nyaman. Jika ingin puas menghabiskan waktu di sini, cobalah untuk datang mulai pukul 08:00 ya!

  • Bukit Sekipan



Siapa bilang jika di bukit kamu hanya bisa menikmati kesejukan alam? Di Bukit Sekipan Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, kamu bisa menemukan berbagai wahana dan fasilitas untuk dijadikan lokasi wisata seru. Mulai dari waterboom mini, mini zoo, taman bunga, hingga miniatur berbagai negara dunia bisa kamu lihat di sini. Karenanya, tak heran jika objek wisata yang buka pada tahun 2015 ini selalu ramai oleh pengunjung.

Jika tertarik untuk mengunjunginya, kamu bisa datang setiap hari pukul 08:00 17:00. Tak lupa, kamu perlu menyiapkan biaya sekitar Rp40.000 Rp80.000 sebagai tiket masuk. Harga tersebut, tergantung pada paket wisata yang akan kamu pilih. Semakin mahal, semakin banyak pula wahana yang bisa kamu jelajahi. Nah, objek wisata yang cukup menarik bukan?

  • Goa Gong



Bagi yang ingin melihat alam dalam pesona yang berbeda, cobalah datang ke Goa Gong. Bagaimana tidak? Di sini, kamu akan melihat stalaktit dan stalagmit kokoh yang tersebar di setiap sudut gua. Tak hanya itu, pemandangan dalam gua pun diperindah dengan cahaya lampu berwarna-warni. Konon, nama “gong” dipilih karena di dalam gua kerap terdengar suara menyerupai gong. Cukup menarik, bukan?

Meski menawarkan pesona alam yang amat cantik, keberadaan Goa Gong tergolong cukup jauh dari Kota Solo. Setidaknya, kamu perlu menempuh sekitar 140 kilometer untuk sampai di Desa Bomo, Punung, Pacitan. Agar lebih puas menjelajahinya, sebaiknya bawalah kamera pribadi. Dengan begitu, kamu bisa mengabadikan seluruh pesona alam Goa Gong.

  • Randubang



Bagi kalian yang ingin berpetualang ke Solo, Randubang merupakan wisata alam Solo yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya tempat ini memberikan pemandangan perbukitan yang luar biasa. Tidak hanya bukit hijau yang indah saja, namun deretan batuan kapur dengan ukiran-ukiran unik juga mengiasi pemandangan di sini. Bahkan kita juga dapat melihat cekungan dengan air kemerahan yang merupakan bekas galian pemecah batu. Untuk mencapai ke lokasi ini tidak lah sulit. Randubang terletak di kota Gaplek tidak jauh dari kota Wonogiri.

  • Candi Cetho


Candi Cetho merupakan candi Hindu yang berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Lebih tepatnya di lereng Gunung Lawu sebelah barat. Jika mendaki gunung Lawu makan jangan lupa untuk mampir ke candi Cetho. Mengunjungi ke candi ini akan disuguhkan pemandangan candi kecil dan beberapa arca. Uniknya, ada salah satu arca yang berbentuk simbol organ intim laki-laki. Namun jangan risih dulu, mengunjungi candi ini tentu akan dihadapkan dengan pemandangan yang sangat menkajubkan dari perkebunan teh yang ada di Perkebunan Teh Kemuning di kawasan Solo Raya. Agen DominoQQ Online

  • Umbul Sigedang


Salah satu wisata Solo murah yang selalu dicari-cari oleh para traveller adalah Umbul Sigedang. Umbul Sigedang terletak di dusun Umbulsari, desa Ponggok, kecamatam Polanharjo, kabupaten Klaten. Setiba di lokasi, wisatawan akan dihadapkan dua umbul yang sangat istimewa. Pertama adalah umbul Wedok. Umbul ini dahulu digunakan mandi khusus para perempuan , namun sekarang sudah sering digunakan mandi oleh lelaki juga. Nah berbalikan dengan Umbul Sigedang yang terletak lebih dalam lagi. Karena umbul Sigedang memang dikhususkan untuk mandi para lelaki. Umbul Sigedang juga lebih tertutup dibandingkan dengan Umbul Wedok.

Meski demikian umbul Sigedang memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga dijadikan untuk bahan baku salah satu air minum. Namun jangan khawatir, wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah air yang sangat menakjubkan, apalagi ikan-ikan yang berlarian di bawah sana. Menambah nilai plus dari tempat wisata ini.

  • Umbul Ponggok



Jika ingin memiliki foto-foto dengan spot unik maka kunjungilah Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata Solo yang sangat populer baik di kawasan anak muda hingga orang dewasa. Bahkan Umbul Ponggok merupakan salah satu ikon wisata di Klaten. Hal ini disebabkan karena Umbul Ponggok menyajikan sensasi berenang yang sangat unik. Bagaimana tidak, kita akan mendapatkan gambar di bawah laut tidak hanya dengan ikan-ikan cantik saja melainkan dengan barang-barang unik. Seperti motor, tenda dan lain sebagainya. Tempat wisata ini juga sering dijadikan sebagai spot untuk foto prewedding.

  • Pantai Nampu


Ternyata tidak hanya Jogja saja yang memiliki pantai indah, melainkan Solo juga memilikinya. Pantai Nampu merupakan pantai yang sangat eksotis dan wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata Solo ini terletak di desa Dringo, kelurahan Gunturharjo, kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Jika dari kota Wonogiri membutuhkan waktu 2 jam untuk mencapai pantai yang sangat menakjubkan ini.

Pantai Nampu merupakan solusi yang tepat bagi kalian yang ingin wisata Solo murah. Pasalnya tiket masuk untuk menikmati keindahan alam ini hanya Rp. 2.000,- saja dengan parkir kendaraan Rp. 2.000,-. Sangat murah sekali jika dibandingkan dengan pemandangan yang akan disuguhkan dari pantai ini. Mengunjungi Pantai Nampu kita akan melihat hamparan pasir putih yang halus dan deburan ombak yang beradu dengan batu karang. Pantai yang masih termasuk deretan pantai selatan Samudera Hindia ini sangat cocok untuk menjadi destinasi selanjutnya.

Itulah Beberapa tempat Wisata Alam di Solo Terbaik menurut versi dari mimin nih ! Yuk Simpan duit bawa keluarga tercinta untuk liburan ke Solo !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot